Rabu, 26 Mei 2021

Tahapan BAGJA BOR 1 modul 3.2.a.9

Tahapan BAGJA Panduan Tahapan Hasil Tahapan Buat Pertanyaan Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan Bagaimana cara menumbuhkan karakter siswa di sekolah? Ambil Pelajaran Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (menumbuhkan karakter murid di sekolah) Berdasarkan pengalaman sebelumnya, murid merasa senang apabila dalam pelajaran olahraga diisi dengan berbagai macam permainan tradisional, misalnya gobag sodor, bentengan. Murid juga merasa senang apabila ada pelajaran menggambar atau mewarnai. Kemudian tentang kebersihan yang perlu dijaga agar lingkungan menjadi nyaman dan bersih. Dari kegiatan tersebut bisa menumbuhkan karakter murid. Gali Mimpi Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan: Karakter seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid) Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan karakter yang baik Perilaku guru seperti apa yang mendorong penguatan karakter siswa Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong penguatan karakter siswa Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong penguatan karakter siswa Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk eningkatkan siswa Murid memiliki karakter nasionalisme, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, tanggungjawab, kepedulian sosial, kerja keras, semangat, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif. Guru harus mempunyai sikap mau bekerjasama dengan orang lain, mampu memperkenalkan permainan tradisional dan mengkaitkan dengan penanaman karakter mjurid. Kepala sekolah yang mendorong penumbuhan karakter murid harus memiliki sikap bertanggung jawab, terbuka, dan memberikan kepercayaan terhadap langkah yang dilakukan oleh murid dan guru. Jabarkan Rencana Membuat cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita tuliskan: Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)? Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka Monev) Program ini dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah. Seperti kepsek sebagai penanggung jawab, para wali kelas sebagai pengarah dan murid sebagai pelaku kegiatan. Setiap wali kelas mampu mengarahkan muridnya untuk melaksanakan kegiatan dengan tertib. Wali kelas juga harus bisa mengkaitkan pembentukan karakter dari kegiatan yang dilakukan. Kegiatan ini juga dapat melibatkan masyarakat di sekitar. Monitor dilakukan oleh wali kelas kepada murid atau setiap ketua kelas kepada anggota kelasnya. Evaluasi melibatkan guru, kepala sekolah, dan masyarakat di luar sekolah. Atur Eksekusi Menentukan tim inti program: Siapa koordinator/penanggung jawab pelaksanaan program Siapa yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program Siapa yang bertugas membuat laporan program Bagaimana cara komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat mingguan/bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim: Penanggung jawab : Kepsek Pengarah : Wali Kelas Koordinator Kegiatan : Guru PJOK Penanggung jawab sie Acara : Ketua kelas untuk kelas tinggi, Wali kelas untuk kelas rendah Penanggung jawab sie Perlengkapan : Wakil ketua kelas untuk kelas tinggi dan wali kelas untuk kelas rendah Laporan dibuat oleh koordinator kegiatan (Guru PJOK) dibantu oleh para ketua kelas dan wali kelas. Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu minggu sekali internal panitia. Hasil rapat dilaporkan kepada dewan guru sebagai pengarah acara. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda