Jumat, 28 Mei 2021

3.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Tahapan BAGJA

Panduan Tahapan

Hasil Tahapan

B-uat Pertanyaan

Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan

Contoh: Bagaimana cara meningkatkan

kepemimpinan siswa di

sekolah?

A-mbil Pelajaran

Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah)

Cerita/pengalaman baik: Pagi ini murid yang tingkat

kelasnya lebih tinggi memimpin doa bersama murid lainnya sebelum masuk kelas.

G-ali Mimpi

Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan:

- Kepemimpinan seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid)

- Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan kepemimpinan yang baik

- Perilaku guru seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa

- Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa

- Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa

- Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk meningkatkan kepemimpinan siswa

Cita-cita/ mimpi:

- Murid yang memiliki jiwa kepemimpinan adalah murid yang memiliki sikap jujur, menghargai orang lain, dan bertanggung jawab dengan pilihannya

- Guru harus mempunyai sikap terbuka akan saran dan masukan dari orang lain, memberikan kesempatan kepada murid seluas-luasnya pengembangan diri, dan mengarahkan murid dengan baik

- Kepala sekolah yang mendorong kepimpinan murid harus memiliki sikap bertanggung jawab, terbuka, dan memberikan kepercayaan terhadap langkah perbaikan dan pengembangan guru dan murid

 

 

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda