3.3.a.5. Ruang Kolaborasi - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Tahapan BAGJA | Panduan Tahapan | Hasil Tahapan |
B-uat Pertanyaan | Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan | Contoh: Bagaimana cara meningkatkan kepemimpinan siswa di sekolah? |
A-mbil Pelajaran | Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah) | Cerita/pengalaman baik: Pagi ini murid yang tingkat kelasnya lebih tinggi memimpin doa bersama murid lainnya sebelum masuk kelas. |
G-ali Mimpi | Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan: - Kepemimpinan seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid) - Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan kepemimpinan yang baik - Perilaku guru seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa - Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa - Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kepemimpinan siswa - Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk meningkatkan kepemimpinan siswa | Cita-cita/ mimpi: - Murid yang memiliki jiwa kepemimpinan adalah murid yang memiliki sikap jujur, menghargai orang lain, dan bertanggung jawab dengan pilihannya - Guru harus mempunyai sikap terbuka akan saran dan masukan dari orang lain, memberikan kesempatan kepada murid seluas-luasnya pengembangan diri, dan mengarahkan murid dengan baik - Kepala sekolah yang mendorong kepimpinan murid harus memiliki sikap bertanggung jawab, terbuka, dan memberikan kepercayaan terhadap langkah perbaikan dan pengembangan guru dan murid
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda