Tugas 3.3.a.5.1 Ruang Kolaborasi - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Semangat pagi, salam bahagia
- CGP membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid secara berkelompok.
- CGP antarkelompok bertukar rencana program sekolah yang berdampak pada murid (salah satunya dapat membuat program yang berorientasi pada kepemimpinan murid).
Program Kepemimpinan Siswa
Peduli Lingkungan Sejak Dini
Oleh :
Amad Asmawi
Program
Peduli Lingkungan Sejak Dini
Program Peduli Lingkungan Sejak Dini merupakan sebuah program untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan sejak diri. Program tersebut dilakukan oleh siswa baik ketika siswa berada di rumah ataupun saat berada di sekolah.
Adapun kegiatan yang bisa dilakukan siswa mulai dari pemilahan sampah, pembuatan kompos, membuat karya dari barang bekas, membuat eco enzyme ataupun kegiatan peduli lingkungan lainnya. Guru akan memantik ide-ide kepedulian lingkungan dari siswa di masing-masing kelas untuk membangun karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab. Melalui program ini kreativitas siswa dalam mewujudkan peduli lingkungan juga berkembang. Kegiatan akan dipandu oleh wali kelas masing-masing
Pemetaan Aset
No | Aset | Keterangan |
1 | Manusia | Guru, Siswa, Kepala Sekolah, Orang Tua |
2 | Sosial | Tata tertib |
3 | Fisik | Sarana dan Prasarana Sekolah |
4 | Lingkungan | Halaman sekolah yang rindang dan ada sungai yang melintasi |
5 | Finansial | Dana BOS |
6 | Politik | Komite, peguyuban, Bank Sampah, Sai Green |
7 | Agama & Budaya | Tri Hita Karana |
Buat Pertanyaan Umum
Tahapan Bagja | Panduan Tahapan | Hasil Tahapan |
B-uat Pertanyaan | Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan | Bagaimana cara meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sejak dini? |
Ambil Pelajaran
Tahapan Bagja | Panduan Tahapan | Hasil Tahapan |
A-mbil Pelajaran | Ceritakan dan tuliskan pengalaman /kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah) | Ø Kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan di sekolah sebelum masa pandemi adalah kegiatan pemilahan sampah, pembuatan kompos, piket kelas, piket halaman sekolah, piket membersihkan toilet, dll. Namun semenjak BDR kegiatan peduli lingkungan tidak bisa dilaksanakan bersama siswa di sekolah. Ø Saat ini kegiatan melatih kepedulian terhadap lingkungan lebih banyak dilakukan di rumah dengan dampinga orang tua. Ø Siswa lebih kreatif mencari sumber belajar untuk menemukan ide-ide untuk mengolah sampah dan barang bekas melalui internet Ø Bekerjasama dengan Sai Green (salah satu komunias peduli lingkungan yang ada di sekitar sekolag) dan Bank Sampah Banjar Ø Mendapat penghargaan Adi Wiyata Nasional |
Gali Mimpi
|
| Tahap an Bagja | Panduan Tahapan | Hasil Tahapan |
|
|
| G-ali Mimpi
| Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan: − Kapankah Program peduli lingkungan sejak dini mulai dijalankan? − Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan siswa sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan? − Bagaimana guru menjadi contoh dalam kepedulian terhadap lingkungan? − Bagaimana orang tua dapat mendukung program peduli lingkungan sejak dini? − Apa bentuk apresiasi yang diberikan kepada anak yang telah peduli terhadap lingkungan? | v Siswa mulai melaksanakan program peduli lingkungan sejak dini yaitu ketika program mulai dicanangkan ditahun ajaran baru. v Kegitan yang dilakukan diantaranya pemilahan sampah, pembutan kompos, pengolahan barang bekas, pembuatan eco enzim, penanaman pohon, dll v Guru menjadi contoh dalam pembentukan kepedulian terhadap lingkungan, misalnya mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan, penggunaan tas ramah lingkungan, dll. v Orang tua melakukan hal serupa dengan program yang dilakukan di sekolah misalnya menyediakan tempat sampah terpisah sesuai jenisnya di rumah, sehingga baik di sekolah ataupun di rumah siswa terbiasa dengan kegiatan memilah sampah. v Siswa yang sudah melakukan kegiatan peduli lingkungan dan sudah membudaya diberikan penghargaan oleh guru dalam bentuk pujian ataupun pemberian reward lainnya. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jabarkan Rencana
Tahapan Bagja | Panduan Tahapan | Hasil Tahapan |
J- abarkan Rencana | Membuat cara/strategi mencapai mimpi- mimpi yang sudah kita tuliskan: - Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)? - Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka Monev) | q Menyampaikan ide untuk mengadakan program peduli lingkungan sejak dini kepada Kepala Sekolah q Penyusunan Kepanitiaan Program dan Pembagian Tugas q Menyusun jadwal pelaksanaan dan rencana kegiatan q Sosialisasi program kepada siswa dan orang tua q Mendokumentasikan kegiatan di masing-masing kelas. q Mengapresiasi siswa peduli lingkungan di masing-masing kelas, dan menyampaikan penguman tersebut di peguyuban setiap bulannya. q Monitoring dan evaluasi kegiatan |
Atur Eksekusi
Tahapan Bagja | Panduan Tahapan | Hasil Tahapan |
A-tur Eksekusi | Menentukan tim inti program:
- Siapa koordinator/penanggung jawab pelaksanaan program - Siapa yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program - Siapa yang bertugas membuat laporan program - Bagaimana cara komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat mingguan/bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program | Penanggung Jawab kegiatan: Kepala sekolah Pengarah : Dewan guru Koordinator Acara: Ketua tim pengembang Penanggung Jawab sie Acara: Guru Laporan dibuat oleh masing-masing wali kelas. Koordinasi dilakukan setiap rapat rutin guru Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda